Universitas Hasanuddin ( UNHAS ) Berumur 60 Tahun dan Peran Alumni Menghadapi MEA

Setelah lama menulis sebuah kisah dengan pena kehidupan kini Universitas Hasanuddin ( UNHAS ) telah mencapai usia yang ke 60 tahun di tahun 2016 ini. Universitas Hasanuddin adalah salah satu universitas besar diindonesia yang terletak di Makasar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sedikit lompat ke masa lalu, dulu Universitas Hasanuddin ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ( UI ) ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus UNHAS semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya. Namun kini telah berganti menjadi Universitas Hasanuddin. Universitas ini termasuk dalam PTN ( Perguruan Tinggi Negeri ) dan juga telah ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum ( PTNBH ) oleh Presiden Republik Indonesia melalu Peraturan Pemerintah RI No.53 Tahun 2015 tentang status Universitas Hasanuddin.


Logo Universitas Hasanuddin



Meningkatkan diri diusia 60 tahun dengan PTNBH


Diusia yang sudah mencapai 60 tahun ditambah dengan ditetapkannya Unhas ini menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum atau PTNBH maka tahun ini adalah tahun dimana UNHAS akan menunjukan bahwa Universitas Hasanuddin adalah universitas yang baik, hebat dan layak diperhitungkan di kanca nasional dan internasional. Untuk itu Unhas sendiri harus lebih meningkatkan mutu dan kualitas universitas itu sendiri. Salah satu caranya yaitu lebih mengutamakan Visi dan Misi di UNHAS sendiri. visi dan misi diantaranya :

  • VISI : 
    1. Pusat Unggulan Dalam Pengembangan Insani, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya Berbasis Benua Maritim Indonesia.



VISI dari Universitas Hasanuddin ini tidaklah mudah. Berbeda dengan universitas yang lain, UNHAS ingin kelak akan menjadi pusat unggulan dalam pengembangan insani, IPTEK, seni dan budaya yang berbasis benua maritim diindonesia. Maka dari itu UNHAS harus bekerja lebih keras dan sudah mencapai langkah awal dengan ditetapkannya Universitas Hasanuddin ini menjadi PTNBH. Tetapi dengan ditunjuknya UNHAS menjadi PTNBH jangan membuat UNHAS lengah dan lupa dengan visi yang telah dibuat, justru harus lebih mengutamakan visi tersebut dengan lebih giat melaksanakan misi misi agar lekas tercapai visi tersebut.

  • MISI : 
    1. Menyediakan lingkungan belajar berkualitas untuk mengembangkan kapasitas pembelajar yang inovatif dan proaktif
    2. Melestarikan, mengembangkan, menemukan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
    3. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya bagi kemaslahatan Benua Maritim Indonesia.

Dengan ditetapkannya UNHAS menjadi PTNBH misi yang dimiliki harus tetap dilaksanakan dan jika bisa lebih di utamakan dan di tingkatkan lagi. dengan hak otonomi yang telah diberikan itu dapat mempermudah agar misi itu dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat membuat visi tercapai melalu bidang akademik maupun non akademik.


Alumni Universitas Hasanuddin 


Alumni dari UNHAS juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan Universitas ternama terutama yang berada di Pulau Jawa. mereka dapat bersaing secara sehat dalam mencari pekerjaan di kanca nasional bahkan sampai internasional. Prestasi prestasi yang diperoleh oleh Alumni sebelum dan sesudah wisuda dari Universitas Hasanuddin juga tak kalah banyak dibandingkan dengan PTN PTN yang lain.

Setelah lulus dari Universitas Hasanudin, Alumni tidak boleh tinggal diam. Alumni hendaknya terus berkontribusi kepada UNHAS agar visi yang telah di tetapkan oleh UNHAS dapat tercapai. Bagaimana caranya ? Banyak sekali cara untuk melakukan semua itu. diantaranya :

  1. Melakukan Motivasi kepada mahasiswa baru
  2. Mengadakan event event di Universitas Hasanuddin
  3. Terus mempromosikan Universitas Hasanuddin
  4. Dan lain lain
Selain itu semua, mereka juga harus mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA, mereka harus berlatih dengan keras agar tujuan yang mereka idam idamkan dan mereka cita citakan dapat tercapai.


Peran atau tindakan Alumni UNHAS dalam menghadapi MEA


Dengan adanya MEA para alumni harus bersiap siap untuk terjun kelapangan. Diantaranya kita harus melatih skill skill yang kita punya dan terus mengasah bakat atau kemampuan yang kita miliki. Selain itu kita juga harus memiliki  strategi agar dapat berhasil dikanca ASEAN. beberapa peran atau tindakan yang dapat dilakukan oleh Alumi UNHAS agar sukses menghadapi MEA  yaitu :



  • Mengadakan atau mengikuti seminar mengenai MEA ( Motivasi )
Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti seminar yang membahas tentang MEA, dalam seminar kita dapat mengetahu bagaimana trik trik menghadapi MEA, dan juga pastikan yang mengisi seminar juga orang yang berpengalaman agar apa yang kita peroleh juga lebih baik.

  • Meningkatkan pembelajaran bahasa internasional ( TOEFL Learning )
Mengapa pembelajaran bahasa asing / internasional itu perlu ? karena jika kita terjun ke dunia ekonomi di ASEAN kita tidak mungkin terus menggunakan bahasa indonesia. Kita dituntut dan diwajibkan untuk menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris. Jadi kita harus belajar lebih banyak mengenai bahasa internasional

  • Mengikuti / Membuat organisasi organisasi ( Leadership dan Link )
Masyarakat Ekonomi ASEAN menuntut agar kita yang akan terjun ke dunia perdagangan harus memiliki jiwa leadership ( Kepemimpinan ) mengapa ? karena orang yang lebih memiliki jiwa pemimpin akan cenderung mengatur dan memajukan kelompok ataupun organisasi. ditambah itu kita dapat mencari link / hubungan dengann orang orang nasional maupun internasional agar kita dapat meningkatkan karir kita.


  • Bertukar ide / gagasan ( Inovatif dan Public Speaking )
Bertukar ide atau gagasan juga merupakan peran atau tindakan yang dapat dilakukan para Alumni UNHAS. Karena dengan bertukar ide kita dapat berfikir kritis serta membuka pemikiran otak kita mengenai hal hal yang belum kita ketahui. selain itu kita juga dapat melatih public speaking atau berbicara kepada orang banyak. Ini sangat dibutuhkan saat menghadapi MEA.

Banyak sekali peran yang dapat  dilakukan oleh Alumni UNHAS agar sukses menghadapi MEA. yang terpenting terus berusaha dan pantang menyerah serta tidak lupa berserah diri kepada sang Pencipta.

Dengan ulang tahun yang ke-60 ini saya berharap Universitas Hasanuddin dapat menjadi Universitas ternama di indonesia bahkan sampai manca negara. Amin


#60tahunUNHAS


Tautan UNHAS :

1 komentar: