eSport Indonesia Masuk di Masa Keemasan


Picture From Google
Mungkin banyak orang masih belum tau mengenai eSport. Maklum saja, karena eSport sendiri tidak sepopuler olahraga yang sering kita kenal seperti sepakbola, badminton, dan lain lain. Tapi bagi sebagian kaum muda tertarik dengan “olahraga” yang tidak memerlukan banyak stamina seperti yang lain. E-Sport atau Elektronik Sport adalah salah satu bidang olahraga yang menggunakan games atau permainan sebagai medianya. Game yang digunakan sebagai perlombaan bukanlah game-game yang sederhana. Pihak yang keahlian mengadakan event esport memilih game yang memerlukan khusus, strategi team atau individu, kerja sama, kecepatan dan juga ketangkasan. Game yang sering dilombakan biasanya games online multiplayer seperti Dota 2 (Defense of the Ancients), Counter Strike Global Offensive ( CSGO ), league of legend (LoL), Heartstone, Point Blank dan masih banyak lagi.

Perkembangan esport mulai merambat ke negara negara berkembang termasuk negara Indonesia. Bisa dibilang tahun ini Indonesia akan mengalami masa dimana eSport sudah dijadikan sebagai profesi, hobi, sumber penghasilan dan lain lain. Beberapa perkembangan olahraga elektronik di Indonesia antara lain

Perkembangan E-Sport di Indonesia


  • Tournament eSport


Picture From : ICG

Berkembangnya E-Sport di Indonesia sangat jelas terlihat dari tournament atau kompetisi yang diadakan oleh banyak sekali pihak. Hampir setiap minggunya ada tournament Dota 2 tingkat lokal, region, dan nasional. Disamping banyaknya tournament, hadiah atau reward yang diberikan juga bukan main main. Kompetisi game online dengan total hadiah terbesar  yang diadakan di Indonesia yaitu Indonesia Games Championship. IGC atau Indonesia Games Championship terdiri dari kompetisi 6 macam game, mulai dari game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), FPS ( First Person Shooter ) dan game Mobile tentunya. Total hadiah yang diperebutkan lebih dari 500 juta rupiah.

  • Situs atau website berita tentang esport


Picture From : Revival TV

Banyak sekali fanspage, website, blog yang sekarang me nomor 1 kan konten tentang esport. Contohnya Revival TV, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyiaran dan berita tentang esport lokal maupun internasional itu sangat digandrungi penikmat esport. Selain Revival TV, sumber berita tentang game dalam bahasa Indonesia antara lain ligagame TV, duniagames, inigame dan lain lain.

  • Gaming Organization yang banyak terbentuk


Picture From : Fanspage Evos Esport

Gaming organization mulai banyak terbentuk dan berkembang diindonesia. Gaming organization, atau biasanya kita menyebutnya “Team”, menjadi komponen utama dalam perkembangan esport game di seluruh dunia. Mengapa ? karena organisasi game yang berdiri disuatu tempat terutama di negara berkembang akan mendatangkan investor game atau event organization untuk memeriahkan vuvoria esport di negara tersebut. Tim-tim esport dari Indonesia sendiri antara lain ada EVOS eSport, Rex Regum Qeon, Recca Esport, BOOM ID, Kanaya Gaming, nxl> , The Prime NND dan masih banyak lagi.

  • Gaming Events Organization


Picture From Google

Faktor perkembangan esport indonesia selanjutnya yaitu EO atau event organization. Dalam cakupan South East Asia ( SEA ), organisasi event gaming ini tak sebanyak yang ada di eropa atau amerika. Tetapi organisasi ini mulai melirik ke region asia tenggara ini. Contoh Gaming Event Organization yang ada di SEA yaitu PGL ( Professional Gamers League ) . PGL sendiri berdomisili di Malaysia dan sering bekerja sama dengan publisher game seperti Valve dalam mempersiapkan tournament tournament besar.

  • Penikmat, Profesi, Bisnis


Picture From : Website RRQ

Poin terakhir yang kita dapat lihat bahwa esport sudah mulai berkembang pesat di negara berkembang termasuk Indonesia yaitu, masyarakat yang menikmati atau bergelut dibidang olahraga elektronik ini. Banyak sekali penikmat atau penonton acara acara esport yang berada di youtube maupun event LAN. Banyak juga orang yang memustukan terjun ke dunia esport sebagai Professional Gamer, Publisher, Shoutcaster, Analitikor dan lain lain. Sponsor juga mulai berdatangan ke team-team besar Indonesia. Salah satunya GO-JEK yang mesponsori Team EVOS, tim dota 2 terbesar di Indonesia.

Jadi kita sebagai pencinta esport terutama esport tanah air, hendaknya kita mengambil sisi positif dari berkembang pesatnya fenomena ini dikehidupan kita. Serta kita harus terus mendukung team team dari Indonesia agar dapat bersaing di tingkat internasional.

2 komentar