Penggunaan Teknologi CGI dalam Film

Apa itu CGI ? CGI, atau biasa orang menyebutnya Computer Generated Imagery, adalah penggunaan grafik komputer ( lebih tepatnya grafik komputer 3D ) dalam efek spesial. Penggunaan CGI ini sering digunakan dalam industri film, acara televisi, iklan dan segala hal yang berhubungan dengan visual yang bergerak. Cara menggunakan CGI sendiri bisa dibilang cukup susah, karena kita akan berhubung dengan pemanipulasian animasi ataupun visual. Indonesia sendiri masih sedikit yang memanfaatkan CGI dalam pembuatan film karena mungkin kekurangan tenaga ahli atau budget. Di artikel kali ini kita akan membahas seluk beluk mengenai CGI.

Pengertian CGI

CGI

Secara garis besar, CGI itu hampir sama dengan teknik manipulasi foto dalam desain grafis. Bedanya kita memanipulasi visual dari film atau video. Jadi kita dapat mengubah, menambahkan, bahkan hingga menghilangkan segala sesuatu yang terdapat dalam frame yang kita ambil. Hasil yang dihasilkan dari CGI sendiri tergantung dari editor, jika editor sangat berpengalaman dan memiliki kemampuan tinggi, maka hasilnya sangat memuaskan seperti film Transformers.

Disamping pembuatan film, di dalam game juga terdapat konsep dari CGI ini. Di dalam video game biasanya menggunakan Real-Time Komputer Grafis ( jarang sekali disebut CGI ) yang konsepnya sama dengan CGI. Dalam intro game ataupun cutscene game, itu semua menggunakan konsep CGI ini. Kadang disebut juga dengan FMV ( Full Motion Video ).

Alasan Penggunaan CGI

CGI - Zasiem Blog

Mengapa sih menggunakan CGI ? bisa dibilang CGI sendiri adalah sebuah teknologi masa depan yang kini telah menjadi realita. Dulu jika kita ingin membuat sebuah film, kita harus membuat genre yang realita. Tapi ini dengan adanya CGI, banyak sekali genre atau jenis film yang lebih condong ke Sci-Fi ( Science Fiction ).

Hampir semua industri film menggunakan teknologi ini. Karena banyak sekali keuntungan yang didapat dari penggunaan CGI ini. Salah satunya lebih mudah merealisasikan keinginan dalam bentuk visual. Kita ambil contoh film Harry Potter. Pengarang novel Harry Potter, J.K Rowling, menuliskan sebuah kisah fiksi yang jika kita buat ulang dalam bentuk film hampir tidak mungkin. Banyak sekali kejadian fiksi yang tidak akan bisa terjadi di dunia seperti Bus dengan kecepatan kilat, Tongkat mengeluarkan sinar, Teleport, Koran yang bergerak sendiri, Sapu terbang dan lain lain. Tapi dengan CGI, semua itu dapat di realisasikan oleh industri film pembuatan Harry Potter tersebut.

Cara menggunakan teknologi CGI

Dalam penggunaan CGI, kita pasti memerlukan beberapa alat atau tools. Tapi apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk membuat film dengan teknologi CGI ? langsung saja disimak

1.Software

blender

Dalam menggunakan teknologi CGI, kita pasti memerlukan software dan juga aplikasi. Setiap industri film menggunakan aplikasi yang berbeda beda sesuai keperluan mereka. Mengapa ? karena setiap aplikasi memiliki keunggulan masing masing. Tapi apa saja aplikasi untuk CGI ? berikut beberapa aplikasi untuk menggunakan teknologi CGI
  1. Blender
  2. Adobe After Effect
  3. 3D Max
  4. C4D

Selain aplikasi di atas kalian dapat menggunakan aplikasi yang lain. Banyak aplikasi yang dapat kalian download dengan free ataupun berbayar di google.

2.Camera

camera

Kita juga membutuhkan kamera untuk mengambil shoot orang atau lokasi yang ingin kita masukan ke frame. Agar hasil lebih bagus, kalian dapat menggunakan camera beresolusi tinggi.

3.Green Screen

Green screen

Fungsi dari green screen disini untuk mengubah sesuatu yang ada di frame. Jadi pada saat kita mengambil gambar dengan background green screen, background tersebut kita dapat ubah dengan cara Chroma Key.

4.Lighting

lighting

Untuk lighting ini optional. Jika green screen yang kita gunakan menerima cukup cahaya, maka kita tidak perlu menggunakan lighting. Sebaliknya jika green screen kurang menerima intensitas cahaya, maka kita harus menggunakan green screen agar dalam proses chroma key berjalan maksimal.

Dalam garis besar, jika kita ingin membuat film dengan teknologi CGI kita harus mengambil shoot shoot adegan yang kita inginkan, lalu kita tambahkan beberapa visual tambahan dengan software di atas. Saya ambil contoh film Jurassic park. Dalam pembuatan film Jurassic park, mereka mengambil shoot orang orang ( tanpa ada dinosaurus ) terlebih dahulu, lalu setelah semua scene telah diambil, waktunya editor turun tangan. Editor akan menambahkan dinosaurus ke dalam film dengan konsep CGI tersebut.

Agar lebih jelas, kalian dapat melihat beberapa video tentang CGI di youtube ini :

  1. Jurassic World : Behind The Scene
  2. Harry Potter : Behind The Scene 
  3. Transformers 5 : Behind The Scene 
  4. Tara Arts Movie : Dragon Summoner 


Video di atas adalah proses pembuatan film dengan menggunakan CGI.


Mungkin hanya itu informasi yang dapat saya beri mengenai Penggunaan CGI dalam Film. Ini saatnya Indonesia untuk mengikuti jejak industri film luar untuk membuat film menggunakan teknologi CGI.

5 komentar