Sesuaikan Kebutuhan, Pilih Laptop atau PC

Lebih Bagus Laptop atau PC





Banyak orang yang masih bertanya tanya pada saat ingin membeli alat elektronik seperti laptop atau PC ( Personal Computer ). “Lebih bagus mana sih ? PC atau laptop ?”, “lebih worth it mana ? laptop atau PC ?”, “ Effort nya gedean mana sih ? komputer atau laptop ?” sering sekali kita dengar dari beberapa orang yang masih bingung memilih antaran laptop dan PC. Maka dari itu, di sini kita akan bahas sebenarnya lebih untung membeli laptop atau membeli personal komputer ( PC ). Tapi sebelum itu, kita harus tau terlebih dahulu apa berbedaan laptop dan PC.

Perbedaan antara PC dan Laptop

 
Picture From Google


PC atau Personal Computer, yang sering kita sebut dengan komputer, adalah salah satu alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data. PC sendiri terdiri dari banyak sekali komponen komponen, mulai dari komponen inti atau penting, hingga komponen tambahan. Dan komponen tersebut dijadikan satu dalam satu wadah yang bernama CPU.

Picture From Google

Sedangkan laptop, yang sering disebut komputer jinjing, adalah PC yang dapat kita bawa ke mana mana karena ukurannya yang relatif kecil dan lebih sederhana dibandingkan dengan PC. Tapi dengan berkembangnya zaman, kualitas laptop kini bersaing dengan PC. Banyak sekarang spesifikasi laptop sudah sama dengan PC tetapi dengan risiko biaya lebih mahal.

Dari penjelasan di atas, apakah sudah jelas bahwa laptop lebih unggul karena dapat dibawa ke mana mana ? jawabannya Belum tentu! Tapi, Zasiem blog memiliki beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli laptop atau PC. Langsung saja disimak

Tips Sebelum Memilih Laptop atau PC


  • Penggunaan jangka panjang


Pertama kita harus tau penggunaan laptop atau PC kita untuk apa dalam jangka panjang. Misal kalian bingung membeli PC atau laptop untuk bermain game, maka Personal Computer lah solusi untuk kalian. Mengapa ? karena dengan personal komputer kita dapat mengganti komponen penting seperti RAM, VGA, Harddisk dan lain lain dengan mudah dan tanpa merusak seluruh komponen CPU. Tetapi tidak menutup kemungkinan kalian dapat membeli laptop. Asal laptop yang kalian beli atau pilih memiliki spesifikasi tinggi dan tentu saja, harganya lebih mahal. Ditambah kalian tidak dapat dengan mudah mengganti komponen yang ada pada laptop kalian seperti PC.

  • Profesi yang kalian jalani


Mengapa profesi ? karena ini poin utama sebelum kalian memutuskan memilih laptop atau PC. Jika profesi kalian sebagai pegawai dan diharuskan berpindah pindah kantor, maka kalian jangan membeli PC, karena PC kalian tidak akan memberi effort yang maksimal. Belilah laptop, karena kalian dapat membawa laptop ke mana mana. Selain itu jika kalian memiliki hobi Editing Video, Gaming, atau pekerjaan yang memerlukan spesifikasi tinggi, maka kalian dapat membeli laptop yang berspesifikasi tinggi.

  • Budget atau modal


Budget atau uang juga kalian harus pikir sebelum memutuskan untuk membeli PC atau laptop. Setelah 2 poin di atas maka pikirkan budget pembelian barang kalian. Keuntungan lebih jika kalian memutuskan membeli Personal Computer / PC , karena kalian dapat membeli komponennya secara kredit atau bahasa kasarnya nyicil. Misal kalian seorang pelajar ( poin ke 2 ) dan sering menghabiskan waktu untuk mengerjakan tugas presentasi ( poin ke 1 ) maka kalian jangan memaksa membeli PC dengan spesifikasi yang tinggi, karena dengan laptop dengan spek low-end kebutuhan kalian sudah terpenuhi. Dan dengan fasilitas laptop yang dapat dibawa kemang saja, dapat mempermudah kalian sebagai pelajar.

Kesimpulan nya, sebelum memilih kita harus mengetahui kebutuhan yang ingin kita penuhi. Jangan sampai kita membeli peralatan elektronik terutama Laptop atau PC dengan harga mahal yang tidak berguna secara maksimal dalam kehidupan kita. Jadi jika masih ada kebimbangan di diri kalian mengenai pemilihan atau pembelian antara laptop atau PC ? jawabannya yaitu sesuai kebutuhan. Hanya kalian yang dapat mengukur diri kalian dan memutuskan apakah kalian lebih cocok menggunakan PC ataupun laptop.


Mungkin hanya ini saja, jika masih ada kebingungan, kalian dapat tinggalkan komentar di kolom bawah. Nanti saya akan coba bantu sebisanya :)

12 komentar