Cara Mengetahui Software Asli atau Bajakan

Sebagian orang masih bingung bagaimana membedakan software atau aplikasi bajakan dengan yang asli. Tetapi dengan melihat ciri ciri aplikasi atau software bajakan, kita dapat langsung mengetahui yang mana software bajakan dan yang mana bukan. Tapi masih banyak orang yang bingung dan tidak tahu bagaimana membedakan software asli dengan software bajakan.

 Pengertian Software Bajakan

bajakan

Software bajakan, atau dapat disebut software tidak orisinal, adalah sebuah software yang telah diubah komponennya agar kita dapat menggunakannya tanpa melakukan pembelian. Dengan kata lain, kita dapat menggunakan aplikasi berbayar seperti windows, adobe, corel dan lain lain tanpa kita harus membayar ke pembuat software. Pembajakan software ini biasanya dinamakan dengan Cracking. Orang yang melakukan pembajakan software dinamakan dengan Cracker. Dan biasanya cracker membuat crack dalam bentuk patch, aplikasi, installer, ataupun berupa serial key gen.

Cara Mengetahui Software atau Aplikasi Bajakan

bajakan

Software atau aplikasi bajakan dengan yang asli pasti memiliki beberapa perbedaan. Dari perbedaan tersebut kita gunakan sebagai acuan untuk mengetahui mana aplikasi yang bajakan dan mana yang asli. Apa saja perbedaannya ? langsung saja disimak :

1. Nomor Lisensi

lisensi

Dalam setiap produk yang kita beli, kita hanya diberi 1 nomor lisensi. Nomor yang kita dapat tidak akan mungkin sama dengan orang lain. Serta, kita hanya dapat menggunakan nomor lisensi tersebut sekali saja.  Jika kalian membeli sebuah software ( misalnya windows ) kalian akan mendapat sebuah nomor lisensi untuk mengaktifkan software tersebut. Tetapi jika kalian misalnya mendownload aplikasi bajakan, maka kalian dapat langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus membayar untuk mendapatkan nomor lisensi. Dan biasanya dalam software bajakan tersebut sudah terdapat default nomor lisensi dari cracker.

2. Kemasan Produk

kemasan produk

Jika kalian membeli software yang orisinal maka kemasan produk adalah indikator paling utama. Di luar ataupun di dalam kemasan produk terdapat beberapa informasi penting mengenai software yang anda beli termasuk nomor lisensi. Dan software orisinal pasti akan memberikan kalian kemasan yang masih ter-segel resmi dari software industri tersebut.

3. CD

cd

CD, atau biasa disebut Compact Disc, menjadi indikator keaslian sebuah software. Industri software kebanyakan akan memberikan software dengan media CD jika anda membeli produk mereka. Tetapi tidak banyak pula oknum oknum yang menjual software bajakan dengan CD sebagai medianya. Tapi jangan takut, penjual software bajakan tidak akan memberikan CD khusus seperti dari industri software orisinal. Misal jika anda membeli software orisinal Antivirus A maka kalian akan mendapatkan CD dengan banyak keterangan dari brand Antivirus A. Jika kalian membeli Antivirus A secara bajakan, mungkin CD yang kalian dapat berupa CD yang sering kita lihat di toko toko komputer.

4. Hologram

hologram

Industri besar yang bergerak dibidang software akan memberikan Hologram khusus di CD yang akan dipasarkan. Itu sudah menjadi hak paten kepada perusahaan software guna mencegah penipuan aplikasi bajakan. Hologram khusus dari software tersebut hanya diproduksi secara legal oleh perusahaan atau industri software tersebut. Jika anda membeli software tanpa ada hologram perusahaan dari CD tersebut, maka software tersebut palsu atau bajakan.

5. Sumber

sumber

Berikutnya yaitu sumber. Sumber dapat menjadi indikator software itu bajakan atau asli. Maksud dari sumber sendiri adalah berasal dari manakah aplikasi atau software yang kita peroleh. Jika kita mendownload sebuah aplikasi di website yang bukan official dari softwarenya, maka kemungkinan besar software itu adalah software bajakan. Sama halnya dengan membeli software. Jika kita membeli software bukan di tempat officialnya, maka kemungkinan besar software tersebut adalah software bajakan atau tidak orisinal. Maka dari itu, kita harus cermat dalam membeli atau memperoleh software yang kita inginkan.

6. Reaksi antivirus

antivirus

Terakhir yaitu reaksi antivirus. Sebagian besar crack atau keygen yang telah di injeksi kan kedalam sebuah software akan dibaca sebagai virus oleh antivirus. Jadi misal anda menginstal software dari hasil copy paste seseorang atau mendownload dari website tertentu yang bukan official, tiba tiba antivirus anda memberikan sinyal jika terdapat virus, sudah pasti aplikasi tersebut adalah aplikasi bajakan.


Jadi itulah bagaimana cara mengetahui software bajakan atau tidak. Antara software orisinal dengan software bajakan terdapat banyak sekali perbedaan, dari perbedaan tersebut kita dapat gunakan acuan untuk mengetahui keaslian dari sebuah software.

4 komentar